Jumat, 08 Maret 2013

apa yang dimaksud fungsi pendidikan?apa saja fungsinya?

pengertian daftar pustaka
 on Gambar Pengertian Kanker Usus
pengertian daftar pustaka image
Q. apa pengertian dari fungsi pendidikan?bukan pengertian dari pendidikan.lalu,apa saja fungsi pendidikan itu?tolong berikan juga daftar pustaka!


Answer
Fungsi pendidikan dan perubahan sosial.
Pendidikan mempunyai fungsi untuk mengadakan perubahan sosial mempunyai fungsi (1) melakukan reproduksi budaya, (2) difusi budaya, (3) mengembangkan analisis kultural terhadap kelembagaan-kelembagaan tradisional, (4) melakukan perubahan-perubahan atau modifikasi tingkat ekonomi sosial tradisional, dan (5) melakukan perubahan-perubahan yang lebih mendasar terhadap institusi-institusi tradisional yang telah ketinggalan.

Sekolah berfungsi sebagai reproduksi budaya menempatkan sekolah sebagai pusat penelitian dan pengembangan. Fungsi semacam ini merupakan fungsi pada perguruan tinggi. Pada sekolah-sekolah yang lebih rendah, fungsi ini tidak setinggi pada tingkat pendidikan tinggi.

Pada masa-masa proses industrialisasi dan modernisasi pendidikan telah mengajarkan nilai-nilai serta kebiasaan-kebiasaan baru, seperti orientasi ekonomi, orientasi kemandirian, mekanisme kompetisi sehat, sikap kerja keras, kesadaran akan kehidupan keluarga kecil, di mana nilai-nilai tersebut semuanya sangat diperlukan bagi pembangunan ekonomi sosial suatu bangsa. Usaha-usaha sekolah untuk mengajarkan sistem nilai dan perspektif ilmiah dan rasional sebagai lawan dan nilai-nilai dan pandangan hidup lama, pasrah dan menyerah pada nasib, ketiadaan keberanian menanggung resiko, semua itu telah diajarkan oleh sekolah sekolah sejak proses modernisasi dari perubahan sosial Dengan menggunakan cara-cara berpikir ilmiah, cara-cara analisis dan pertimbangan-pertimbangan rasional serta kemampuan evaluasi yang kritis orang akan cenderung berpikir objektif dan lebih berhasil dalam menguasai alam sekitarnya.

Lembaga-lembaga pendidikan disamping berfungsi sebagai penghasil nilai-nilai budaya baru juga berfungsi penghasil nilai-nilai budaya baru juga berfungsi sebagai difusi budaya (cultural diffission). Kebijaksanaan-kebijaksanaan sosial yang kemudian diambil tentu berdasarkan pada hasil budaya dan difusi budaya. Sekolah-sekolah tersebut bukan hanya menyebarkan penemuan-penemuan dan informasi-informasi baru tetapi juga menanamkan sikap-sikap, nilai-nilai dan pandangan hidup baru yang semuanya itu dapat memberikan kemudahan-kemudahan serta memberikan dorongan bagi terjadinya perubahan sosial yang berkelanjutan.

Fungsi pendidikan dalam perubahan sosial dalam rangka meningkatkan kemampuan analisis kritis berperan untuk menanamkan keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai baru tentang cara berpikir manusia. Pendidikan dalam era abad modern telah berhasil menciptakan generasi baru dengan daya kreasi dan kemampuan berpikir kritis, sikap tidak mudah menyerah pada situasi yang ada dan diganti dengan sikap yang tanggap terhadap perubahan. Cara-cara berpikir dan sikap-sikap tersebut akan melepaskan diri dari ketergantungan dan kebiasaan berlindung pada orang lain, terutama pada mereka yang berkuasa. Pendidikan ini terutama diarahkan untuk mempenoleh kemerdekaan politik, sosial dan ekonomi, seperti yang diajukan oleh Paulo Friere. Dalam banyak negara terutama negara-negara yang sudah maju, pendidikan orang dewasa telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga masalah kemampuan kritis ini telah berlangsung dengan sangat intensif. Pendidikan semacam itu telah berhasil membuka mata masyarakat terutama didaerah pedesaan dalam penerapan teknologi maju dan penyebaran penemuan baru lainnya.

Pengaruh dan upaya pengembangan berpikir kritis dapat memberikan modifikasi (perubahan) hierarki sosial ekonomi. Oleh karena itu pengembangan berpikir knitis bukan saja efektif dalam pengembangan pnibadi seperti sikap berpikir kritis, juga berpengaruh terhadap penghargaan masyarakat akan nilai-nilai manusiawi, perjuangan ke arah persamaan hak-hak baik politik, sosial maupun ekonomi. Bila dalam masyarakat tradisional lembaga-lembaga ekonomi dan sosial didominasi oleh kaum bangsawan dan golongan elite yang berkuasa, maka dengan semakin pesatnya proses modernisasi tatanan-tatanan sosial ekonomi dan politik tersebut diatur dengan pertimbangan dan penalaran-penalaran yang rasional. Oleh karena itu timbullah lembaga-lembaga ekonomi, sosial dan politik yang berasaskan keadilan, pemerataan dan persamaan. Adanya strata sosial dapat terjadi sepanjang diperoleh melalui cara-cara objektif dan keterbukaan, misalnya dalam bentuk mobilitas vertikal yang kompetitif.
-------------------
Identifikasi Fungsi-fungsi Pendidikan

Pengembangan Kurikulum

Kurikulum isi.
Kurikulum yang diterapkan, yaitu:

Adaptasi KTSP dengan kurikulum bertaraf Internasional

Kurikulum Khas

Kurikulum pertumbuhan pribadi

Kurikulum ketrampilan hidup

Kurikulum âBelajar untuk belajarâ dan âBelajar untuk berpikirâ.

Ekstrakurikuler


Proses Pembelajaran

Proses, Prinsip dan strategi pembelajaran yang diterapkan

@Jet. Thx buat linknya. Tanggapan gw adalah:?




monalisa


1. berikan saran pada penulis blog agar memberikan daftar pustaka pada kutipan yg dibuatnya.
2. ada pendapat yg menyatakan, bahwa hanya manusia yg memiliki penghargaan diri dan citra diri yg benarlah yg mampu menemukan kelebihan di dalam sekian banyak kekurangan orang lain.
3. berikut adalah kutipan dari pernyataan Mahatma Gandhi:
~ I object to violence because when it appears to do good, the good is only temporary; the evil it does is permanent. ~
--> Saya keberatan dengan kekerasan sebab ketika kekerasan itu diniatkan untuk kebaikan, kebaikan yg dihasilkan hanyalah sementara; keburukan yg dihasilkan justrulah selamanya.
http://theavnee.blogspot.com/2011/10/kata-kata-bijak-dari-mahatma-gandhi.html

Btw, jgn lupakan Mother Theresa... :)
Dan seperti yg gw nyatakan sebelumnya, di atas semuanya itu, teladan kehidupan yg sempurna adalah Yesus Kristus.

Ada sanggahan?
@Muh. S. Pernah baca buku Jesus The CEO? Gw sarankan kamu cari di Gramedia ya... :)
Kehidupan tidak berbicara hanya masalah pernikahan. Yesus datang ke dunia bukan untuk menikah.
Klo ingin bicara tentang teladan ayah dan suami, maka gw akan lebih memilih Mario Teguh daripada Muhammad. Baca deh kisah hidup Mario Teguh. Berjuang bersama tanpa poligami. Ruaaarrr biasa... hahahaha... XD
@DragonFly. Itulah sebabnya dalam pertanyaan @Jet, gw tidak langsung menyebutkan nama Yesus Kristus. Karena Muhammad amat tidak sepadan untuk dibandingkan dengan Yesus Kristus.
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=Am6QF9sPtQFJOPfGn3axY6.gRAx.;_ylv=3?qid=20120506223546AA7ZJ8P
@Jet. Dan jika menurutmu tidak sempurna. Di manakah letak ketidaksempurnaannya?
Kenapa Yesus dibunuh?
Waduh, pertanyaannya muter2 di sini mulu. Gini aja deh @Jet, lu add kontak gw aja lagi ye, trus lu liat deh jawaban2 gw pas gw lagi serius. Klo masih ada yg kurang jelas baru tanya gw lagi yee... ;)
Tapi mungkin agak sulit juga nyarinya, soalnya gw jarang serius... whuakakakakakak... XD
And di link yg barusan entuh, gw setuju dgn jawaban @Lemonia. Tuh anak kok ngocol n pinter banget sih? Gw mau deh jadi sodaranye... XD
@Jet. Berbicara dengan bahasa yg sama tapi tanpa pengertian yang sama akan memberikan hasil yg berbeda.
Sungguhkah dirimu mengerti makna salib? Atau kau merasa mengerti makna salib?
Sudahkah kau membaca seluruh ayat di Alkitab dengan mengosongkan diri dari pendapat2 yg sebelumnya telah engkau miliki?
Bacalah dan temukan korelasi dan koherensi antara nubuatan Perjanjian Lama (sebelum kedatangan Yesus Kristus) dan realisasi Perjanjian Baru (setelah kedatangan Yesus Kristus).
Gw tidak memintamu untuk percaya. Tp jika kau merasa mampu menjawab mewakili Kristen untuk setiap pertanyaan keimanan Kristen, maka gw yakin kau menilai dirimu terlalu tinggi.
Berhati2lah dgn apa yg kau pikir kau ketahui.
Jangan lengah.
Selalulah bertanya2.
Dan temukanlah kebenaran.

Salam sayang selalu...//
.
.
Dan sebagai kenangan terindah, maka pertanyaan ini tidak akan gw tutup. Silahkan vote sendiri dweehh...
Hahayy... XD
Ughh... pantesan gw ngerasa kayak ada yg manggil2, ternyata lu ngedit lagi ya?

Sbelumnya mari kita sama2 mengingat ajaran Musa: Tidak ada dosa yg diampuni tanpa dilakukan pengorbanan hewan bakaran sebagai korban pendamaian.
Perhatikan rumitnya tata cara penghapusan dosa yg diajarkan oleh Musa (Islam mengakuinya sebagai Nabi bukan? )
Garis bawahi dan camkan dulu itu baik2.
Sudah?
Oke, kita lanjut lagi:

Salib adalah lambang kutuk. Benar. Tidak ada yg menyangkal itu.
Tapi jangan lupa, baca juga Yesaya 53 (Nubuatan di Perjanjian Lama mengenai penyaliban Yesus jauh sebelum Yesus datang ke dunia)
ay 4: Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
ay 5: Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
ay 6: Kita se
ay 6: Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
ay 7: Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Sekarang kita masuk ke Perjanjian Baru:
Yohanes 3 (Perkataan Yesus pada Nikodemus mengenai penyalibanNya, jauh sebelum Dia disalibkan)
ay 14: Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
ay 15: supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.
ay 16: Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yoh 10 (Yesus sudah tahu DiriNya akan disalibkan)
ay 17: Bapa mengasihi Aku, oleh kare
Yoh 10 (Yesus sudah tahu DiriNya akan disalibkan)
ay 17: Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
ay 18: Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Matius 20 (Pernyataan Yesus yg sangat jelas mengenai penyaliban dan kebangkitanNya)
ay 18: Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.
ay 19: Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

Masih banyak ayat2 lain yg bisa kau temukan di Alkitab jika kau mau meluangkan waktu untuk mencarinya...
Maukah dirimu?
.
.
Hmm, Barnabas dan Thomas menulis Perjanjian Lama??
Gimana bisa?? Kakek buyutnya aja
Gimana bisa?? Kakek buyutnya aja belum lahir saat itu...
Ini salah satu bukti bagaimana muslim seringkali membahas apa yg tidak mereka ketahui.
Membedakan PL dan PB aja lu belum lulus say... pegimane mo ngebahas yg lain??
.
.
Dan soal mendengar lagu sexy, ah lu pasti becanda...
Gw sendiri udah sexy ngapain harus nyimak keseksian orang lain...
Hahahahaha... XD

Cepat atau lambat, gw amat sangat yakin lu akan menemukan kebenaran... :)

Udah ah, untuk waktu yg belum diketahui batasnya, gw pamit dulu dr AK yow,
so klo ada pertanyaan2 yg menurutmu masih ngegantung, silahkan hubungi temen2 Kristen di sini.
Mereka jauh jauh jauh lebih pinter daripada gw... :)
Klo kau kesal dgn user tertentu, coba hubungi user netral sperti @Getdesk, @Birawa, @Rony T.
Pemahaman mreka mngenai Islam dan Kristen luas bgt lho...
Beranikah dirimu mendobrak batasan untuk mencoba berdiskusi dgn mereka? ;)
@Jet. Thomas memang murid Yesus, tp dia tidak mungkin bisa menulis PL.
Bedakan antara PL dan PB sayang. Duuh... masak masih gak bisa ngebedain juga sih??
Jika yg kau maksud adalah Injil, maka sederhana saja, apa yg mereka tulis (jika memang benar mereka yg menulisnya) tdk sesuai dengan nubuatan PL. Perhatikan juga bagaimana 3 murid terdekat Yesus (Petrus, Yohanes, dan Yakobus) menyatakan siapa Yesus sebenarnya.
.
HAMBA. Benar sekali Jet. Apa kau lupa mengenai 100% manusia dan 100% Allah?
.
Bisakah gw melanjutkan. Tentu saja bisa.
"Karena ku tahu yg kupercaya dan aku yakin kan kuasaNya. Dia menjaga yg kutaruhkan, hingga akhirnya kelak..." (numpang nyanyi deh ahh... :p )
Gw lagi sibuk Jet. Klo lu penasaran, kontak gw via mail.
Gw jabanin deh... ;)
Walo mungkin gak bisa secepat yg lu harapkan ya, naw aim bisy..bisy..bisy...
Ok, siyu babay dier... :)



Answer
1. sebelumnya, gw pernah (dulu kurang lebih 1 thn yg lalu) ngebaca itu langsung dari penulis aslinya (kalau yg itu blog mah cuma ngopas) dan banyak bloq tlah mengopas itu,,
sampai kini gw kgak nemu lagi URL si penulis asli,,

2. ya, benar...
trus apa yg salah?
hanya 3 yg terkutuk dari ratusan penonton...

3. Michael H. Hart penulis âSeratus Tokoh Paling Berpengaruh di Duniaâ berkata :
âJatuhnya pilihan saya kepada Nabi Muhammad dalam urutan pertama daftar Seratus Tokoh yang berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan sementara pembaca dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Tapi saya berpegang pada keyakinan saya, dialah Nabi Muhammad satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi.â

kenapa bukan jesus?

---------------------------------------------
yesus kristus lu bilang sempurna?
dari segi apa lu menilainya?

pertama: apa yg dia ajarkan ditentang oleh orang2 disekitarnya (lebih banyak)...
lalu, perkataannya tidak diikuti oleh orang2 yg ngaku2 pengikutnya, melainkan (baca URL yg gw lampirkan)
trus, bukannya mendapat pengikut, eh malah dibunuh...
dibunuh karna benci lagi...
wow,,

gw pengen ngebunuh SBY, benci bgt gw sama dia ex...

'
sebenernya gw jauh lebih paham tentang penyalipan itu (mungkin gw lebih paham dari lu) secara pandangan kristiani...
bahkan gw bisa aja ngebantu kristen2 disini tuk ngejawab pertanyaan/gempuran2 dari Muslim..
tapi apakah kita (andai gw ikut ngebantu) terus2an ngebela pembenaran yg belum tentu benar?

one day...
Heyy bro,, jadi tak kita bunuh ni orang?

ya jadi lah, tuk apa miara benalu,,

tp kasihan ni orang, udah menderita gini, orang terdekatnya pasti sedih,,

peduli amat sama ni orang, yg jelas ini perintah dari RAJA KITA...


jauh ditempat lain,,

Hayy para2 pengikutku,,
demi menyelamatkan kalian dari ancaman para raksasa,,
gw kan mengorbankan diri agar mereka (para raksasa) kgak lg mengganggu kalian,,
dan hanya 1 permintaan gw: kelak, jika anak2 kalian lahir, beritahu sama mereka, "seorang raja tlah mengorbankan diri demi kami para orang tua"

#mana yg lebih hina?
dan mana yg mulia?


@lemonia berkata tanpa ada bukti pembenarannya, sungguh hanya omong kosong belaka...

------------------------------------------------------------
ogh no (Berbicara dengan bahasa yg sama tapi tanpa pengertian yang sama akan memberikan hasil yg berbeda)

gw bisa persis dgn KEMAUAN kalian...
tapi, sekali lagi gw katakan: apakah kita (andai gw ikut ngebantu) terus2an ngebela "pembenaran" yg belum tentu benar?


salib itu lambang terkutuk,,, tuk PEMBENARAN, lu salahin dah tu alkitab lu..
"sungguh terkutuk yang digantung (disalib) di tiang kayu itu"(ulangan 21:23)

barnabas, and thomas juga menulis perjanjian lama, tapi kenapa (lu pasti tau maksud gw)?

katolik and protestan berbeda bab dan halaman serta jumlah biblenya,, manakah yg harus dipercaya?

lu tlah asyik menikmati hidup ini, nikmatilah, ikuti mereka yg jual diri, korupsi, yg penting uang banyak, jangan ikuti orang2 yg melarat mengais sampah,, adil kah?




tuk, postingan ini, gw anggap lu gagal, sungguh gw ngelihat lu hanya berkata omong kosong belaka (teladan kehidupan yg sempurna adalah Yesus Kristus.)??????
klaim yg terlalu memaksa.

disini semakin terlihat kalau lu sama aja dgn kristen lainnya (buta)
dan juga tuli...

gw saranin: kalau dalam kelompok lagi diskusi,, lepas dulu earphone supaya lu bisa menghayati...
kami lagi diskusi tentang bumi, eh lu malah ngedenger lagu sexy...

parah...
-------------------------------------------------------------------
gw harap lu balik lagi mon,, cz gw belum selsai...

#apa lu kgak tau, kalau thomas itu muridnya yesus?


#gw udah pernah berdiskusi (hampir setahun yg lalu) masalah itu (jawaban atas nubuat derita salib yg dklaim akan di emban oleh yesus [yesaya 53:,,]) sama user kristen yg ktanya sh seorang guru...

mamun diskusi terhenti disaat gw katakan,, "lu yakin percaya dgn ayat2 itu [yesaya 53:,,]?" dan dia ngejawab "ya"

benarkah? (gw melanjutkan),,, dan tetap dia ngejawab "ya"

trus gw katakan, "berarti lu percaya dong kalau yesus itu BUKAN tuhan?"

"siapa bilang gw percaya spt itu? gw percaya kalau yesus itu tuhan" (tegasnya)

tuk terahir kali gw memastikan "beneran kgak sedikit pun ragu?"

"ya" (tetap dgn konsistennya)


lalu gw mengutip ayat ini: "Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan HAMBA-KU ITU, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul".(yesaya 53:11)

dan gw menanya kan artinya (maksud dari ayat tsb [yesaya 53:,,]).
diskusipun terhenti sampai sekarang...

bisakah @monalisa melanjutkan?


btw kgak salah lu ngasih opsi @getdesk, @birawa, @rony t??
menurut gw mereka itu satu-dua sama bolot.



Powered By Info Bermanfaat
Update Forex 2013
Artikel Ekonomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar